Tujuan
penelian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII G di SMPN 1 Sukodono Lumajang tahun
pelajaran 2015/2016 melalui Pembelajaran Tipe Giving Question And GettingAnswer. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VII G di SMPN 1 Sukodono Lumajang
tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang dengan 18 orang siswa
laki-laki dan 14 perempuan. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan materi
pelajaran pada siklus I tentang Kepulauan Indonesia tujuan satu, sampai empat
sedangkan pada siklus II tentang Kepulauan Indonesia tujuan lima sampai
sepuluh. Data hasil penelitian berupa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian berdasarkan analisis
data menunjukkan terjadi peningkatan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II
yaitu, siklus I (75.00 %), siklus II (90.63%), yang disertai peningkatkan
rata-rata hasil belajar dan peningkatan
ketuntatasan belajar secara klasikal, pada setiap akhir siklus. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah Pembelajaran Tipe Giving Question And GettingAnswer
dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Siswa Kelas
VII G SMPN 1 Sukodono Kabupaten Lumajang semester ganjil tahun pelajaran
2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Keyword
Giving Question And Getting Answer, Hasil Belajar, IPS