JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII G di SMPN 1 Sukodono Lumajang tahun pelajaran 2015/2016 melalui Pembelajaran Tipe Giving Question And Getting Answer. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VII G di SMPN 1 Sukodono Lumajang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang dengan 18 orang siswa laki-laki dan 14 perempuan. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan materi pelajaran pada siklus I tentang Kepulauan Indonesia tujuan satu, sampai empat sedangkan pada siklus II tentang Kepulauan Indonesia tujuan lima sampai sepuluh. Data hasil penelitian berupa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan terjadi peningkatan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (75.00 %), siklus II (90.63%), yang disertai peningkatkan rata-rata hasil  belajar dan peningkatan ketuntatasan belajar secara klasikal, pada setiap akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Tipe Giving Question And Getting Answer dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VII G SMPN 1 Sukodono Kabupaten Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 

Keyword

Giving Question And Getting Answer, Hasil Belajar, IPS
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak